Tuesday, September 2, 2014

First Journey...SEMPU, i am coming :)

Dear Para Tukang Ngluyur

Sebuah awal dari semua kisah yang mewarnai hari-hari Ku, sebuah awal dari terbentuknya "NC" ( apa itu NC? hehe..mungkin tak bahas di postingan berikutnya aja ). intinya di tempat inilah mungkin bisa di bilang awal dari petualangan dan berbagai cerita Ku yang akan datang.

Semua berawal dari rencana liburan teman-teman 1 kontrak an, waktu itu masih kontrak rumah tepatnya di daerah Bangil, tepat di belakang pegadaian Bangil, bukan rumah yang mewah sih, cuma rumah mungil dan sederhana yang cuma cukup di tempati oleh 4 orang. 4 orang itu bernama Hanafi, Bayu, Habibi, dan saya sendiri Haqi.

Kembali lagi kecerita yang tadi, awalnya kita cuma ingin liburan buat refreshing setelah penat karena kerja 5 hari penuh. Para penggagas ide mulanya ada hanafi, bayu, ping pung ( tetangga depan rumah ), dan saya sendiri.  Kenapa destinasi ke sempu karena ternyata ping pung sudah pernah ke sana dan KATANYA di sana apik. OK, fix kita berangkat ke sempu...tinggal nunggu hari keberangkatan :).



Keesokan harinya di kantor, ada teman bernama Ardita ( biasanya tak panggil mbak Dita ), ternyata juga sudah punya plan pingin ke sempu, dengan beberapa anggota juga ( sudah lupa sapa saja yang mau ikut waktu itu :p) dengan rencana yang mungkin sudah matang, awalnya kita di ajakin gabung sama mbak dita sih, hanafi sama bayu juga di ajakin. tapi karena kita sudah punya plan sendiri jadi kita milih gak gabung sama rombongan mereka, tapi kita juga gak bilang klo kita sebenernya juga akan ke sana, kita pinginnya diam-diam terus surprizeeee!!!!, kita langsung ketemu di sana :)

setelah jalan beberapa hari, ada beberapa kabar yang kurang enak di dengar, karena saat itu lagi musim hujan, ada kabar klo pantai selatan lagi pasang lah, sering badai lah, di tutup lah, dll, yang semuanya itu ternyata membuat galau kita semua untuk jadi berangkat ke Sempu, lama kelamaan yang rombongannya mbak dita tadi sepertinya menunda keberangkatannya tapi untuk rombongan kita ( Saya, Hanafi, Bayu, Ping pung ) sudah bertekad untuk tetep berangkat.

sudah plan ini plan itu, ngliat mbak dita kok sepertinya gimana gitu. kayaknya dy pingin banget ikut. akhirnya kita juga ngajakin mbak dita tapi mbak dita kita suruh diam aja, jngan bilang siapa-siapa dulu ya mbak, waktu itu alasannya apa ya??? wes lupa :(

terus entah gimana critanya, yang mau ikut gabung kok jadi banyak to???yang awalnya cuma berempat beranak pinak jadi 13 orang. beuh....dan yang awalnya kita pingin ngasih surprize ketemu di sana kok malah jadi pelaksana acaranya :(. tapi OK lah, gak masalah yang penting bisa liburan dan refreshing.

Tanggal 28 Juni 2013 adalah hari keberangkatan petualangan kita yang pertama, tanpa ada bekal survival dan liburan di alam sedikitpun. kita pun awalnya dengan perlengkapan seadanya dan beberapa peralatan sewa di tempat persewaan tempat camping, dan cuma berbekal pokok nya pingin liburan. hehe. padahal diriin tenda aja saat itu masih belum bisa.

Peserta waktu itu :

1. Saya sendiri ( Haqi )
2. Hanafi
3. Bayu
4. Ping pung
5. Dita
6. Tatik
7. Fitriatun
8. Habibi
9. Arga
10. Mery
11. Inneke
12. Nana
13. Fendrian

Perjalan kita di mulai dari bangil, waktu itu kita sepakat untuk berangkat jam 9 malam naik mobil carteran yang sudah kita siapkan. waktu itu sedikit molor sih, jam 10 malam baru berangkat klo gak salah, di lanjutkan ke karang ploso untuk jemput mbak nana dulu. nyampe karang ploso kurang lebih jam 11 malam sepertinya. terus langsung cuzzz ke pantai sendang biru.

setelah perjalan beberapa saat, nyampe turen klo gak salah, terus supirnya langsung tanya ke Aku, mas ini jalannya kemana ya??? LHAAA??? Supirnya gak tau pantai sendang biru to? terus pas tengok ke belakang (waktu itu posisi duduk ku ada di kursi belakang supir ) kok pada tidur smua, ternyata ini belum ada yang tau tempatnya sama sekali to...ckckck...bagus deh klo gitu. akhirnya Arga yang inisiatif turun mobil dan tanya sama beberapa orang, OK...sudah tau jalannya kita pun melanjutkan perjalanan.

sampai kita pada hutan hutan, waduh..gak tau de udah sampe mana pokok nya saat itu kita cuma ngikutin plang tanda arah di pinggir pinggir jalan soalnya di antara kita gak ada yang tau jalan. hujan pun mulai menetes. pak supir juga mulai memperlambat lajunya soalnya saat itu hujanny deras banget dan samping samping sudah jurang. selang beberapa saat kabut tebal pun juga gak pingin ketinggalan sampai pandangan tinggal beberapa meter saja. fiuh...lengkap sudah, sudah gak tau jalan, hujan lebat, kabut pula. berjalan pelan tapi pasti, sempat bingung saat ada pertigaan yang gak ada plang arah nya, nebak2 jalan juga dan alhamdulillah akhinya sampai sendang biru juga. jam menunjukkan pukul 03.00 pagi dan saya belum tidur, gpp lah demi Sempu

sampai sana kita istirahat sebentar sambil nunggu subuh, beberapa ada yang nglanjutin tidur, sebagian juga ada yang jalan jalan menikmati suasana petang di pantai sendang biru sampai pagi pun datang.

Jam 8 loket perijinan ke pulau sempu di buka, kita pun mulai mengurus birokrasi segala macam, awal nya kita di briefing terlebih dahulu sebelum mengurus perijinan, mulai dari menjelaskan apa itu sempu dll. setelah ijin di kantongi perjalanan di mulai menyebrang ke sempu dengan naik perahu, biaya nya kurang lebih 100rb untuk 1 perahu. gak jauh sih, cuma dalam beberapa menit saja sudah nyampe. lanjut perjalanan lagiii....

Perjalanan kurang lebih 3-4 jam untuk sampai ke segoro anak an nya, namanya juga baru pertama kali, capek banget, dah gitu pundak rasanya...saat itu masih pake daypack biasa sambil bawa tenda yang di tali di atas daypack sama bawa air 4 liter. tapi itu dulu sih, klo sekarang mungkin beda critanya. setibanya di sempu langsung mula bangun tenda dan sebagian lagi ada yang mulai masak.

Tapi ada kejadian yang tak akan pernah terlupakan, pas pertama kali menginjakkan kaki di pasir sempu, selang beberapa menit ada teriakan TTOOOLLLOOONNGGG...serentak kita dan semua orang yang ada di sana langsung berdiri dan mencari asal suara itu, ternyata ada beberapa orang yang ternggelam terbawa arus, tapi mirisnya hampir tidak ada orang yang tergerak buat menolong orang itu, mungkin karena semua sudah pada kecapekan sama perjalanan dari sendang biru ke sempu kali y.  beberapa saat terdengar lagi suara TTTOOOOLLLLOOONNNNGGGG, TTTTOOOLLLLOOOONNNGGG, IINNNIII SSEERRRIIIUUUSSS. hahaha, sedikit nahan ketawa sebenarnya, lagian siapa juga yang nggangap ini bercanda, tapi mungkin dy nganggap kita nyangka mereka bercanda kali ya soalnya tidak ada yang berani menolong. sampai alhamdulillah beberapa saat kemudian ada seorang yang berlari dan berenang menolong mereka.

Tenda Jadi, Makanan pun sudah siap, saat nya makan...!!! Makan bersama memang terasa nikmat walaupun dengan lauk seadanya.

Setelah usai sholat mahrib dan di lanjutkan sama makan malam, awalnya sudah ada rencana untuk main UNO, tapi ternyata hujan. akhirnya semua masuk ke dalam tenda masing masing, dan ternyata itu bukan hujan biasa, Badai pun ternyata juga datang..wew..selang beberapa saat, ada air yang masuk ke dalam tenda ( ternyata tendanya bolong ), pas deh...di luar badai, di dalam banjir, ayooo hanafi...smangat nguras tendanya. hehe

Alhamdulillah Pagi pun datang, Sholat subuh dan di lanjutkan menikmati sunrise di Sempu. ada yang mandi, foto-foto, dan beberapa menikmati laut lepas dan ombak samudera hindia.

Ini beberapa hasi jepretan saat di sempu, selamat menikmati :)










SALAM LESTARI